Cari Blog Ini

Jumat, 19 Agustus 2016

DARMAGANDHUL 1

SERAT DARMAGANDHUL
BAGIAN 1

Carita adêge Nagara Islam ing Dêmak bêdhahe Nagara Majapahit kang salugune wiwite wong Jawa ninggal agama Buda banjur salin agama Islam.
(Cerita berdirinya Negara Islam di Demak, hancurnya Negara Majapahit, dimana saat itulah awal mula masyarakat Jawa meninggalkan agama Buda (Shiwa Buddha) dan berganti memeluk agama Islam.)
Gancaran basa Jawa ngoko
(Prosa dalam bahasa Jawa kasar)
Babon asli tinggalane K.R.T. Tandhanagara, Surakarta.
(Diambil dari catatan induk asli peninggalan K.R.T. Tandhanagara, Surakarta.)
Cap-capan ingkang kaping sêkawan 1959 Toko Buku “Sadu-Budi” Sala.
(Cetakan ke empat 1959 Toko Buku “Sadu-Budi” Solo
Kasalin lan kababar ing basa Indonesia dening :
( Diterjemahkan dan diulas kedalam bahasa Indonesia oleh: )
DAMAR SHASHANGKA

BÊBUKA Pupuh Dandanggula
1.  Sinarkara sarjunireng galih, myat carita di pangikêtira, Kiyai Kalamwadi-ne, ing nguni anggêguru, puruhita mring  Raden Budi, mangesthi amiluta, duta rehing guru,  sru  sêtya  nglampahi  dhawah,  pangesthine  tan  mamang  ing  lair  batin, pinindha lir Jawata.
* Tergerak  dan  terdorong  hati  ini,  setelah  mengetahui  cerita  indah,  dari  Kyai Kalamwadi (Kalam = Ucapan, Wadi = Rahasia), yang dulu pernah berguru menimba ilmu kepada Raden Budi (Buddhi = Kesadaran), mentaati dan menuruti, apa yang selalu diperintahkan oleh guru, setia menjalankan petunjuk, tekadnya sudah tiada lagi keraguan lahir maupun batin, memuja guru bagaikan dewa itu sendiri.

2.  Satuduhe Raden Budi êning, pan ingêmban pinusthi ing cipta, sumungkêm lair batine, tan  etung lêbur luluh, pangesthine ing  awal akhir, tinarimeng Bathara, sasêdyanya kabul, agung nugraheng Hyang Suksma, sinung ilham ing Alam Sahir myang Kabir, dumadya Auliya.
* Apapun petunjuk Raden Budi (Buddhi = Kesadaran) sangat jernih, dijunjung dan diresapi didalam hati, benar-benar dihargai lahir maupun batin, tiada peduli walau harus hancur luluh, itulah tekad (Kyai Kalamwadi) mulai pertama (berguru) hingga akhir  nanti,  diterima  oleh  Bathara  (Hyang  Widdhi),  segala  keinginannya-pun terwujud, sangat besar anugerah Hyang Suksma (Yang Maha Gaib), selalu diberi petunjuk melalui Alam Sahir (Alam = Dunia, Sahir;Sugrho = Kecil, Alam Kecil, Micro cosmos, Jagad Cilik, Bhuwana Alit maksudnya Badan Manusia) maupun Alam Kabir
 (Alam = Dunia, Kabir;Kubro = Besar, Alam Besar, Macro cosmos, Jagad Gedhe, Bhuwana Agung maksudnya Alam semesta), sehingga akhirnya menjadi Auliya (Manusia Pilihan).

3.  Angawruhi sasmiteng Hyang Widdhi, pan bisa-a mituhu susêtya, mring dhawuh wêling  gurune,  kêdah  mêdharkên  kawruh,  karya  suka  pirêneng  jalmi,  mring sagung ahli sastra, tuladhaning kawruh, kyai Kalamwadi ngarang, sinung aran srat Darma Gandhul jinilid, sinung têmbang macapat.
* Mampu membaca segala rahasia Hyang Widdhi, dan selalu bisa mematuhi dengan teguh, segala pesan gurunya, yang memerintahkan agar mengajarkan sebuah pengetahuan, agar membuat tenteram hati sesama, dan juga membuka rahasia agar seluruh ahli sastra, bisa meniru dan menyebarkannya, Kyai Kalamwadi (Kalam=Ucapan, Wadi=Rahasia) menulis, diberikan judul SERAT DARMAGANDHUL (Darma = Kebenaran, Gandhul = Menggantung, Mengambang, Darmagandhul  artinya  KEBENARAN YANG  MENGAMBANG), dirangkai  dalam syair-syair tembang Macapat (Tembang kecil)

4.  Pan katêmben amaos kinteki, têmbang raras rum saya prasaja, trêwaca wijang raose, mring tyas gung kumacêlu, yun darbeya miwah nimpeni, pinirit tinuladha, lêlêpiyanipun, sawusnya winaos tamat, linaksanan tinêdhak tinurun sungging, kinarya nglipur manah.
* Saat membaca tulisan beliau, cakupan tembang-nya sangat bagus dan gampang dimengerti, jelas dan terang maksudnya, membuat hati terpana, sehingga ingin memiliki (tulisan tersebut) dan ingin menyimpannya, ingin menulisnya ulang untuk diri sendiri, semua isinya, setelah selesai membaca, segera ditulis ulang, berguna untuk menghibur hati.

5.  Pan sinambi-sambi jagi panti, sasêlanira ngupaya têdha, kinarya cagak lênggahe, nggennya dama cinubluk, mung kinarya ngarêm-arêmi, tarimanireng badan, anganggur  ngêthêkur,  ngêbun-bun  pasihaning  Hyang,  suprandene  tan  kalirên wayah siwi, sagotra minulyarja.
* Saat berdiam diri dirumah, disela-sela waktu bekerja, tembang ini bisa dinyanyikan, sebagai petunjuk bagi orang bodoh (seperti saya, maksudnya Darmagandhul), dan bisa  dibuat  untuk  menentramkan  hati,  saat  beristirahat,  saat  menganggur  tiada pekerjaan, tembang ini bisa dibuat memupuk rasa kasih kepada Hyang Widdhi, tidak banyak menyita waktu untuk menyanyikannya sehingga tak  kelaparan anak istri, sekeluarga tetap sejahtera.

6.  Wus pinupus sumendhe ing takdir, pan sumarah kumambang karseng Hyang, ing Lokhilmakpul tulise, panitranira nuju, ping Trilikur ri Tumpak manis, Ruwah Je Warsanira, Sancaya kang Windu, Masa Nêm ringkêlnya Aryang, wuku Wukir sangkalanira ing warsi: Wuk Guna Ngêsthi Nata
* Pada akhirnya pasrah kepada takdir, berserah mengikuti kehendak Hyang (Widdhi), telah tercatat di Lokhilmakpul (Laukhil Makfudz =Kitab yang konon berisi catatan- catatan  takdir  manusia),  saat  menulis  ulang  tepat,  tanggal  Duapuluh  tiga  hari Tumpak Manis (Sabtu Legi), bulan RUWAH (Sya’ban) tahun JE (tahun ke-empat dalam satu windu yang terdiri atas delapan tahun, yaitu Alip, Ehe, Jimawal, Je, Dal, Be, Wawu, Jimakir), windu SANCAYA (nama kumpulan windu pada urutan keempat atau terakhir, yaitu ADI, KUNTARA, SENGARA, SANCAYA), masa ke-VI (Masa adalah perhitungan mirip bulan dan dipergunakan untuk pertanian), wuku Wukir (Wuku adalah hari 30-an, dimana satu hari terdiri dari 7 hari biasa atau satu hari sama dengan satu minggu, Wukir adalah nama hari wuku ke-3), pertanda tahun Wuk Guna Ngesthi Nata (Wuk = 0, Guna = 3, Ngesthi = 8, Nata = 1. Jika dibalik 1830).

Ing sawijining dina Darmagandhul matur marang Kalamwadi mangkene “Mau maune kêpriye dene wong Jawa kok banjur padha ninggal agama Buda salin agama Islam?”
* Pada suatu hari Darmagandhul bertanya kepada Kalamwadi, begini pertanyaannya,” Apa awal mula penyebab orang Jawa meninggalkan agama Buda (Shiwa Buddha~bukan hanya Buddha) dan berganti memeluk agama Islam?”

Wangsulane Ki  Kalamwadi: “Aku  dhewe iya  ora  pati  ngrêti,  nanging aku  tau dikandhani guruku, ing mangka guruku kuwi iya kêna dipracaya, nyaritakake purwane wong Jawa padha ninggal agama Buda banjur salin agama Rasul”.
* Ki Kalamwadi menjawab, “Aku sendiri juga kurang tahu, akan tetapi aku pernah mendapatkan cerita dari guruku, dan guruku adalah orang yang bisa dipercaya, beliau menceritakan awal mula orang Jawa meninggalkan agama Buda (Shiwa Buddha) dan berganti memeluk agama Rasul (Islam).

Ature Darmagandhul: “Banjur kapriye dongengane?”
* Bertanya lagi Darmagandhul,”Bagaimanakah ceritanya?”

Ki Kalamwadi banjur ngandika maneh: “Bab iki satêmêne iya prêlu dikandhakake, supaya wong kang ora ngrêti mula-bukane karêben ngrêti”.
* Ki Kalamwadi lantas berkata,”Hal ini sesungguhnya memang perlu diceritakan agar mereka yang belum mengetahui lantas bisa mengetahuinya.”

Ing jaman kuna nagara Majapahit iku jênênge nagara Majalêngka, dene ênggone jênêng Majapahit iku, mung kanggo pasêmon, nanging kang durung ngrêti dêdongengane iya Majapahit iku jênêng sakawit.
* Pada jaman dahulu Negara Majapahit sesungguhnya bernama asli Majalengka, sedangkan nama Majapahit itu hanyalah sekedar perlambang, akan tetapi yang belum tahu kisahnya maka nama Majapahit-lah dianggap nama asli.

Ing nagara Majalêngka kang jumênêng Nata wêkasan jêjuluk Prabu Brawijaya. Ing wêktu iku, Sang Prabu lagi kalimput panggalihe, Sang Prabu krama oleh Putri Cêmpa, ing mangka Putri Cêmpa mau agamane Islam, sajrone lagi sih-sinihan, Sang Rêtna tansah matur marang Sang Nata, bab luruhe agama Islam, sabên marak, ora ana maneh kang diaturake, kajaba mung mulyakake agama Islam, nganti njalari katariking panggalihe Sang Prabu marang agama Islam mau.
* Di Negara Majalengka yang bertahta sebagai Raja terakhir bergelar Prabhu Brawijaya. Kala itu, Sang Prabhu tengah tergila-gila, Sang Prabhu menikah dengan Putri Cempa (Champa), padahal Putri Cempa beragama Islam. Disetiap memadu asmara, Sang Retna (Retna : Intan, maksudnya Putri Cempa) senantiasa menceritakan kepada Sang Raja, tentang keluhuran agama Islam, setiap dipanggil menghadap, tiada lain lagi yang diceritakan, selain memuliakan agama Islam, sehingga membuat ketertarikan hati Sang Prabhu kepada agama Islam.

Ora antara suwe kaprênah pulunane Putri Cêmpa kang aran Sayid Rakhmat tinjo mênyang Majalêngka, sarta nyuwun idi marang Sang Nata, kaparênga anggêlarake sarengate agama Rasul. Sang Prabu iya  marêngake apa kang dadi panyuwune Sayid rakhmat mau. Sayid Rakhmat banjur kalakon dhêdhukuh ana Ngampeldênta ing anggêlarake agama Rasul. Ing kono banjur akeh para ngulama saka sabrang kang padha têka, para ngulama lan para maulana iku padha marêk sang Prabu ing Majalêngka, sarta padha nyuwun dhêdhukuh ing  pasisir. Panyuwunan mangkono mau  uga  diparêngake dening Sang Nata. Suwe-suwe pangidhêp mangkono mau saya ngrêbda, wong Jawa banjur akeh bangêt kang padha agama Islam.
* Tidak berapa lama kemudian, seorang keponakan Putri Cempa yang bernama Sayyid Rahkmat (Sayyid Rakhmad) berkunjung ke Majalengka, serta memohon ijin kepada Sang Raja, agar diperkenankan menyebarkan syariat agama Rasul (Islam). Sang Prabu mengabulkan apa yang diminta oleh Sayid Rakhmat. Sayid Rakhmat lantas berdiam  di  Ngampeldenta (daerah  Surabaya)  dan  mensi’arkan  agama  Rasul  (Islam). Mulai saat itu  banyak para ulama dari  seberang berdatangan, para ulama dan  para Maulana menghadap Sang Prabu di Majalengka, untuk meminta ijin berdiam dipesisir (utara Jawa). Permintaan merekapun dikabulkan oleh Sang Raja. Lama kelamaan apa yang diingini oleh para pendatang mendapat sambutan juga, masyarakat Jawa lantas banyak yang memeluk agama Islam.

Sayid Kramat dadi gurune wong-wong kang wis ngrasuk agama Islam kabeh, dene panggonane ana ing Benang bawah Tuban. Sayid Kramat iku maulana saka ing ‘Arab têdhake Kanjêng Nabi Rasulu’llah, mula bisa dadi gurune wong Islam. Akeh wong Jawa kang padha kelu maguru marang Sayid Kramat. Wong Jawa ing pasisir lor sapangulon sapangetan padha ninggal agamane Buda, banjur ngrasuk agama Rasul. Ing Balambangan sapangulon nganti tumêka ing Bantên, wonge uga padha kelu rêmbuge Sayid Kramat.
* Sayit Kramat (Sayyid Karomah) menjadi guru dari orang Jawa yang telah memeluk agama Islam, berkedudukan di daerah Benang wilayah Tuban. Sayit Kramat adalah Maulana dari tanah Arab masih keturunan Nabi Rasulullah (Nabi Muhammad), oleh karenanya dipercayai sebagai seorang guru oleh orang Islam. Banyak orang Jawa yang terpikat dan berguru kepada Sayit Kramat. Seluruh masyarakat Jawa dipesisir utara, mulai ke barat sampai ketimur semua meninggalkan agama Buda (Shiwa Buddha), dan lantas memeluk agama Rasul (Islam). Bahkan mulai daerah Blambangan ke barat hingga daerah Banten, banyak yang pada tertarik ucapan-ucapan Sayit Kramat.

Mangka agama Buda iku ana ing tanah Jawa wis kêlakon urip nganti sewu taun, dene wong-wonge padha manêmbah marang Budi Hawa. Budi iku Dzate Hyang Widdhi, Hawa iku karêping hati, manusa ora bisa apa-apa, bisane mung sadarma nglakoni, Budi kang ngobahake.
* Padahal agama Buda (Shiwa Buddha) telah ada ditanah Jawa selama kurang lebih seribu tahun, semua pengikutnya menyembah kepada Budi Hawa. Budi (Buddhi : Kesadaran ~ disini yang dimaksud adalah Kesadaran Sejati) adalah Dzat Hyang Widdhi, Hawa  adalah  kehendak  hati  (maksudnya  tanpa  paksaan.  Menyembah  Buddhi  Hawa artinya menyembah Kesadaran Sejati tanpa ada paksaan dari siapapun dan apapun), manusia tidak memiliki kekuatan apapun, manusia hanya sekedar menjalani, Buddhi (Kesadaran Sejati ~ Tuhan)-lah yang menggerakkannya.

                                                   
Sang Prabu Brawijaya kagungan putra kakung kang patutan saka Putri Bangsa Cina, miyose putra mau ana ing Palembang, diparingi têtêngêr Raden Patah.
* Sang Prabhu Brawijaya memiliki putra lelaki hasil perkawinannya dengan seorang putrid berkebangsaan Cina, lahir di Palembang, bernama Raden Patah.

Barêng Raden Patah wis diwasa, sowan ingkang rama, nganti sadhereke seje rama tunggal ibu, arane Raden Kusen. Satêkane Majalêngka Sang Prabu kewran panggalihe ênggone arêp maringi sêsêbutan marang putrane, awit yen miturut lêluri saka ingkang rama, Jawa Buda agamane, yen nglêluri lêluhur kuna, putraning Nata kang pambabare ana ing gunung, sêsêbutane Bambang. Yen miturut ibu, sêsêbutane: Kaotiang, dene yen wong ‘Arab sêsêbutane Sayid utawa Sarib. Sang Prabu banjur nimbali patih sarta para nayaka, padha dipundhuti têtimbangan ênggone arêp maringi sêsêbutan ingkang putra mau. Saka ature Patih, yen miturut lêluhur kuna putrane Sang Prabu mau disêbut Bambang, nanging sarehne ibune bangsa Cina, prayoga disêbut Babah, têgêse pambabare ana nagara liya.
* Ketika Raden Patah telah beranjak dewasa, berniat menghadap kepada ramandanya, ikut serta saudara lain ayah satu ibu, bernama Raden Kusen. Setibanya di Majalengka Sang Prabhu sempat kebingungan untuk memberikan nama kepada putranya tersebut. Sebab jika mengambil nama dari ramandanya maka harus bernama Jawa Buda karena ramandanya beragama Jawa Buda. Jika mengambil nama menurut para leluhur dahulu,  seorang  putra  Raja  yang  lahir  di  wilayah  pegunungan  harus  diberinama Bambang. Jika mengambil nama dari ibunya maka lebih cocok diberinama Kao Tiang, jika mengambil nama dari Arab sesuai dengan agama yang dianut Raden Patah maka pantas diberi nama Sayid atau Sarib. Sang Prabu lantas memerintahkan Patih dan para nayaka (pejabat) untuk menghadap, semua diminta pertimbangan untuk memberikan nama kepada putranya ini. Sang Patih mengatakan bahwasanya jika menurut leluhur maka pantas diberikan nama Bambang, akan tetapi karena ibunya berasal dari Cina maka lebih baik diberinama Babah, yang berarti kelahirannya di wilayah lain (Palembang).

Ature Patih kang mangkono mau, para nayaka uga padha mupakat, mula Sang Nata iya banjur dhawuh marang padha wadya, yen putra Nata kang miyos ana ing Palembang  iku  diparingi  sêsêbutan  lan  asma  Babah  Patah.  Katêlah  nganti  tumêka saprene, yen blastêran Cina lan Jawa sêsêbutane Babah. Ing nalika samana, Babah Patah wêdi yen ora nglakoni dhawuhe ingkang rama, mulane katone iya sênêng, sênênge mau amung kanggo samudana bae, mungguh satêmêne ora sênêng bangêt ênggone diparingi sêsêbutan Babah iku.
* Mendengar penuturan Sang Patih yang seperti itu, semua pejabat menyepakati. Dan pada akhirnya Sang Raja kemudian mengumumkan bahwasanya putra beliau yang lahir di Palembang tersebut diberikan gelar dan nama Babah Patah. Hingga sekarang, untuk menyebut anak blesteran Cina Jawa lumrah dinamakan Babah. Pada waktu itu, Babah Patah merasa takut jika tidak menyetujui kehendak ramandanya memberikan nama Babah padanya, sehingga seolah-olah dia juga menyukai nama itu, padahal tidak demikian, sesungguhnya dia tidak menyukai nama Babah tersebut.

Ing nalika iku Babah Patah banjur jinunjung dadi Bupati ing Dêmak, madanani para bupati urut pasisir Dêmak sapangulon, sarta Babah Patah dipalakramakake oleh ing Ngampelgadhing, kabênêr  wayahe  kiyai  Agêng  Ngampel.  Barêng  wis  sawatara  masa, banjur boyong marang Dêmak, ana ing desa Bintara, sarta sarehne Babah Patah nalika ana ing Palembang agamane wis Islam, anane ing Dêmak didhawuhi nglêstarekake agamane, dene  Raden  Kusen  ing  nalika  iku  jinunjung dadi  Adipati  ana  ing  Têrung, pinaringan nama sarta sêsêbutan Raden Arya Pêcattandha.
* Dikala itu Babah Patah lantas diangkat sebagai Bupati didaerah Demak, membawahi seluruh Bupati mulai pesisir Demak ke barat, serta pula Babah Patah dinikahkan dengan putri dari Ngampelgadhing, cucu dari Kyai Ageng Ngampel (Sayit Rahkmat atau Sunan Ngampel/Ampel ~ keponakan Putri Cempa). Setelah sekian waktu berdiam di Majalengka lantas boyongan ke Demak, berada didesa Bintara. Karena Babah Patah semenjak di Palembang telah beragama Islam, oleh Sang Prabu diperkenankan tetap menjalankan agamanya di Demak. Sedangkan Raden Kusen waktu itu diangkat sebagai Adipati Terung (daerah Tarik, Mojokerto sekarang), diberikan gelar Raden Arya Pecattandha.

Suwening suwe sarak Rasul saya ngrêbda, para ngulama padha nyuwun pangkat sarta padha duwe sêsêbutan Sunan, Sunan iku têgêse budi, uwite kawruh kaelingan kang bêcik lan kang ala, yen wohe budi ngrêti marang kaelingan bêcik, iku wajib sinuwunan kawruhe ngelmu lair batin.
* Lama kelamaan syariat Rasul (agama Islam) semakin berkembang pesat, semua ulama meminta perkenanan Sang Prabu untuk memakai gelar Sunan. Sunan itu artinya budi (buddhi : Kesadaran), akar kecerdasan untuk membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, Jika buah budi (Buah Kesadaran) mampu menyadari kepada segala kebaikan, maka manusia seperti itu patut dijadikan tempat ‘sinuwunan (dimintai)’ pengetahuan lahir batinnya. (Maksudnya patut dijadikan guru)

Ing wêktu iku para ngulama budine bêcik-bêcik, durung padha duwe karêp kang cidra, isih padha cêgah dhahar sarta cêgah sare. sang Prabu Brawijaya kagungan panggalih, para ngulama sarake Buda, kok nganggo sêsêbutan Sunan, lakune isih padha cêgah  mangan,  cêgah  turu.  Yen  sarak  rasul,  sirik  cêgah  mangan  turu,  mung  nuruti rasaning lesan lan awak. Yen cêgah mangan rusak, Prabu Brawijaya uga banjur paring idi. Suwe-suwe agama Rasul saya sumêbar. Ing wêktu iku ana nalar kang aneh, ora kêna dikawruhi sarana netra karna sarta lesan, wêtune saka engêtan, jroning utêk iku yen diwarahi budi nyambut gawe, kang maca lan kang krungu nganggêp têmên lan ora, iya kudu ditimbang ing sabênêre, saiki isih ana wujuding patilasane, isih kêna dinyatakake, mula saka pangiraku iya nyata.
* Pada saat itu para ulama budi (kesadaran)-nya masih bagus, belum memiliki keinginan  untuk  berbuat  tidak  baik,  masih  berfokus  pada  spiritualitas  murni (mencegah makan = puasa dan mencegah tidur = mengurangi tidur).  Sang Prabu Brawijaya melihat dan heran, para ulama Islam kok olah batinnya mirip dengan pengikut agama Buda (Shiwa Buddha), akan tetapi minta disebut Sunan, perjalanan spiritualnya masih sama, yaitu mencegah makan = puasa dan mencegah tidur = mengurangi tidur. Padahal syariat yang dibawa Rasul tidak melarang makan dan tidur, tapi harus menjaga lesan dan perbuatan. Padahal menurut kabar, penganut sayariat Rasul (Islam) hanya menjalankan puasa tidak sedemikian kerasnya, karena merusak/melanggar syariat, (Maksudnya, konon kabar yang diterima Sang Prabu tentang aturan spiritualitas orang-orang Islam sesuai syariat, tidaklah seketat yang beliau lihat yang dijalankan para Sunan tersebut. Sang Prabu tidak tahu bahwa para Sunan tersebut menjalankan  laku  Tassawuf,  laku  spiritualitas  yang  memang  kadang  sedikit berseberangan dengan syariat Islam itu sendiri dibeberapa hal), Kemudian Prabu Brawijaya memberikan izin untuk pemakaian gelar sunan. Agama Rasul semakin menyebar luas. Semua kejadian diatas memang sangat aneh (maksudnya begitu mudahnya Sang Prabu memberikan ijin), kita tidak menyaksikan sendiri, semua ini berasal dari ingatan para leluhur, manakala kita mendapat cerita ini, sudah sepatutnya otak kita kritis, mau mempercayainya atau tidak, harus benar-benar dipertimbangkan secara matang, sampai sekarang masih Nampak peninggalan-peninggalan sejarah yang berkaitan dengan cerita diatas, masih bisa dinyatakan keberadaannya, oleh karena itu menurutku kejadian diatas bisa dipercaya.

Kamis, 18 Agustus 2016

INDONESIA ITU TAHU DJATI DIRI
=======================


Bendera merah putih adalah simbol djati diri, asal usul kehidupan.
Dan simbol itu lahir dari Kalam Alloh swt.
Merah = ovum = sel telur ibu
Putih = sperma = sel telur ayah
...
Merah = Pati
Putih   = Sari
...menjadi SARIPATI
SARI menjadi Energy Hidup (ruh)
Pati menjadi Raga ( jas nya air mani disebut jasmani )
...
Airmani = MAUL HAYAT
ARASYUHU ALAL MAK = singgasana-Ku diatas air.
...
DAN KU-TIUPKAN RUH-KU KE DALAM WADAH MANUSIA.
Kata #tiup mengandung usur #udara yg tanpa bentuk dan rupa....energy meliputi semua yg ada diudara tanpa bentuk dan rupa disebut juga SANG BAPA TAYA.... disimbolkan sosok Manusia Putih tanpa Wajah dan Rupa .... SANG HYANG SAMAR ... SANG HYANG SEMAR.... SANG HYANG BATARA GURU.... GURU SEJATI ....SANG HYANG SEJATI.... RUH AL QUDS dalam terminologi Arab.
.....


Merah adalah Yoni
Putih adalah Lingga
.....
#Merah
Darah adalah Yoni / daya hidup / nyawa didlm darah mencakup saripati ke empat unsur yaitu cair, padat, panas, gas.
#Putih
Nafas adalah Lingga / kuasa hidup / sukma didalam nafas kita mencakup ke empat unsur yg lebih halus yaitu energy kuasa hidup, ENERGY ALAM SEMESTA, panas, dingin, padat, gas dalam bentuk.yg lebih halus dan.lembut.
Disimbolkan juga oleh Hyang Romo Soekarno dgn mendirikan TUGU MONAS ( LINGGA YONI )
...
Lingga Yoni juga terdapati di tanah Mekkah pada saat JUMROTUL AQOBAH.....
....kenapa justru linggayoni dilempari 7 batu kerikil dan sbg simbol menghancurkan syetan..???
...artinya
Semata2 gunakan syahwatmu pada tempat yg semestinya.
Gunakan syahwat sesuai adab manusia sejati.
...
Lagian ditanah arab sulit bunga setaman untuk tumbuh, yg banyak batu batuan ...
ya sekedar simbol batupun gak masalah....:-) namun di Nusantara yg disebut juga negeri Sind atau Saba' adalah negeri yg toyibatun wa robbun ghofur yaitu negeri yg dirahmati Tuhan dgn banyak pengampunan dimana semua hayati tumbuh dgn subur dan musin panas dan musim hujan ada sepanjang tahun ( daerah tropis ) maka
#Lingga_Yoni diberi bunga setaman ( bunga 7 rupa ) dgn maksud agar disucikan keberadaannya dan fungsinya sesuai adab manusia sejati.
...
Makna 7 batu kerikil dan 7 warna bunga adalah pengendalian diri syahwat kita selama 7 hari dlm seminggu dan sampai jasad berkalang tanah merupakan bentuk #PENGENDALIAN_HAWA_NAFSU

Senin, 15 Agustus 2016

HAKIKAT SHOLAT DAN ROKAAT SHOLAT

Hakikat sholat dan Rokaat sholat
===========================



Sholat 5 waktu jangan ditinggalkan secara HAKIKAT
======================
Yaitu sholat
#Mendirikan kesucian atas
1. Waktu melihat
2. Waktu mendengar
3. Waktu bernafas / membau
4. Waktu berbicara
5. Waktu berpikir dgn akal
Kelima ini dilakukan terus menerus ( istiqomah ) sehingga mengakibatkan sholat daimul Haq.
Sholat yg tiada lintasan dari selain wajah dan peran Alloh swt.
...
Prilaku inilah mampu merekrut semua esensi rukun islam dan rukun iman dimana #mendirikan_sholat merupakan perbuatan bijak bajik dlm setiap bidang aktifitas dan kehidupan.
...
Memposisikan Tauhid
Melahirkan Jiwa Mulia ( jiwa utusan / jiwa para nabi warosarul anbiya' )
....
Sholat ritual religius hanyalah simbolik autosugesti pada jiwa agar setelah sholat ritual kehidupan kita mampu trus mendirikan sholat, bukan habis sholat dimasjid malah nyari sandal baru utk ditukar dgn yg jelek :-) :

KAJIAN JUMLAH ROKAAT DLM SHOLAT SECARA HAKIKAT

Subuh 2 rokaat kenapa?
=====
Ingatlah #sunnatulloh atau #hukum_sebab_akibat atau #karmapala, segala sesuatu diciptakan #berpasangan, dualistik, siang malam, pria wanita, angkasa bumi, dan cermatilah diantara dualistik itu ada tanda2 kekuasaan Alloh, yaitu WAJAHNYA atau PeranNYA yaitu PERCIKAN ROH AL QUDS/ ATMA.
...
Sholat Dzuhur 4 rokaat kenapa?
=====
Kendalikan budi pekerti kita yg terdapat pada simbolik 4 elemen tanah, air, api, udara yg terposisikan pada
Mulut, Mata, Telinga, Hidung sbg istri kita utk dikendalikan oleh Sang Suami yaitu KESADARAN ROH AL QUDS yg termanifestasikan pada cahaya kesadaran Budha ( budi daya luhur ) atau akhlaqul karimah.
....
Ashar 4 rokaat kenapa?
====
Bersyukurlah pada keempat istri kita yaitu mata, telinga, hidung, mulut yg sdg menemani kita hidup, dgn merawatnya selalu agar tidak menjadi yatim piatu dgn kesadaran penerimaan hidup yg berserah diri agar tidak kesasar.
...
Maghrib 3 rokaat kenapa ?
=====
3 dharma atau tridarma atau trikaya parisudha merupakan rahasia prilaku dalam pembiasan hidup. Dan utk menduduki alam Uluhiyah atau alam Ketuhanan YME kita mutlak menduduki
Fana, Baqo, Rohso fi syeh
Brahma, Wisnu, Siwa
Al kholiq, Al Hafidz, Al jabbar
Asma, Sifat, Af'al Dat
Disinilah alam kesejatian Tritunggal segitiga sama sisi.
Agar mampu menjadi Pagar Keselamatan Hidup ( MAGERI URIB = MAGHRIB )
....
ISYAK 4 rokaat kenapa ?
====
4 istri kita dilabuhkan dlm kesadaran wening setelah mendampingi kita seharian penuh agar dingin damai sentosa, cooling down, Nang, Ning Nung Gong
Manembah Djati agar mampu berkarya lagi sesuai perintah Sabda Ilahi


Minggu, 14 Agustus 2016

KONSEP PERJALANAN MANUSIA AKSARA JAWA

KONSEP PERJALANAN HIDUP MANUSIA DALAM AKSARA JAWA

ONGKARA SUNGSANG
==================


RUH MENAMPAKKAN DIRI DALAM JASAD MANUSIA DI KEHIDUPAN DUNIA PADA SAAT DI PERUT IBU DAN SAAT DILAHIRKAN ( JAYENGDRIYO ) SAAT KITA LAHIR KITA TERLUPAKAN OLEH HAKIKAT SEJATI TENTANG KUASA HIDUP KITA YAITU RUH SUCI SBG SANG JURU SELAMAT, PENYAKSIAN AWAL DLM KANDUNGAN.

HANACARAKA
Ada ucapan, ada kata-kata, ada utusan, kalam penciptaan, suara hati
DATASAWALA
Saling perselisihan, Timbulnya Dualistik Baik dan Buruk, pertentangan nurani ( hati ) dengan nalar ( pikiran )
PADAJAYANYA
Siapa yg menepati Janji dalam nuraninya, Dia akan Berjaya karena sama
MAGABATHANGA
Mati di dalam Hidup adalah sarana Hidupnya Kuasa Hidup
Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun
Sesungguhnya Tuhan dan kembali kpd Tuhan

ONGKARA NGADEG
================


SETELAH PROSES PENYAKSIAN YG KEDUA DALAM KEHIDUPAN KITA DGN KESADARAN MAKA KITA BERDIRI ( NGADEG ) UTK MEMUPUS SUNNATULLOH (KARMA) HIDUP ATAS KUASA HIDUP SBG SATU2NYA HUKUM ALAM SEMESTA YG TUHAN SENDIRI PATUH KEPADA HUKUM YG DIBUATNYA INI YAITU THE LAW OF ATTRACTION, SEHINGGA MANUSIA KAMIL MENGINDAHKAN SEBAB AKIBAT ( SUNNATULLOH ) SBG HUKUM YG UTAMA UTK MENGEMBALIKAN ROH NYA PADA ALAM PITRA / ALAM FITRAH / ALAM KEMURNIAN SEHINGGA JIWA YG TUNDUK INI MENJADIKAN RUH / ATMA AKTIF PADA PRILAKU HARIAN.
MENUJU DERAJAT INSAN KAMIL ( MANUSIA SEMPURNA )

NGATHABAGAMA
Tidak Ada Ucapan, hadirnya suara hati, sbg penerima Mandat Kuasa Hidup
NYAYAJADAPA
Tidak Adanya Perselisihan, leburnya baik & buruk, Spontanitas Prilaku Hikmah
LAWASATADA
Tidak Ada Adu Kekuatan, Harmoninya suara hati dan pikiran serta jasad
KARACAHANA
Tidak Adanya Tumpah Darah Yg Akibatkan Kematian, Kasih Sayang Tulus




Dan dalam hal pelaksanaan sifat 20 ini tentunya kita sebagai manusia yg berpikir sangat mencermati keadaan dan situasi tentang kehidupan kita dan mengaturnya dengan berbagai tatanan keilmuan yg bermanfaat baik bagi diri kita pribadi, keluarga, beserta lingkungan kehidupan kita agar selaras damai dan bahagia.

Sifat 20 dalam konteks keselamatan perlu dicermati dengan ilmu pengetahuan yg humanis dan tepat pada porsinya sehingga melahirkan pola pola pikir yg menyebabkan timbulnya Kesadaran tentang Management ( Sistem Penataan dan Pengaturan ).
Dan dapat diidentikkan dengan bahasa terkini sifat 20 adalah managemen thd konteks konteks bidang kehidupan.

Arti caraka walik:

Nga ~ Ngracut busananing manungso
~ Melepaskan sifat kemanusiaan menjadi Aku Sejati
        ~ Melepaskan Egoisme Pribadi, Manusia.

Tha ~ Tukul saka niat
~ Budhi Sedyo/Budi Niat
        ~ Sesuatu Harus Dimulai, Tumbuh Dari Niatan.

Ba ~ Bayu sejati kang andalani
~ Budhi Daya/Harmoni
        ~ Menyelaraskan Diri Pada Gerak Alam.

Ga ~ Guru sejati sing muruki
~ Suara Hati sbg Pusat Tindakan
        ~ Belajar Pada Guru Nurani

Ma ~ Madep mantep manembah mring Ilahi
~ Diamnya Intelektual Hidupnya Naluri yg ternalar ( intuisi )
        ~ Yakin,Mantap Dalam Menyembah Ilahi

Nya ~ Nyata tanpa mata, ngerti tanpa diuruki
~ Ilmu Laduni / Fana Fi Syeh
        ~ Memahami Kodrat Kehidupan

Ya ~ Yakin marang samubarang tumindak kang dumadi
~ Haqqul Yakin atau iman atas segala yg tercipta Kalam Semesta
        ~ Yakin Atas Titah / Kodrat Illahi

Ja ~ Jumbuhing kawula lan Gusti
~ Peleburan/ Penyatuan /Jumat/ Ahadun
        ~ Selalu Berusaha Menyatu, Memahami Kehendak Nya

Dha ~ Dhuwur wekasane endek tumindak kang dumadi
~ Melaksanakan Sabda Suara Hati pada Prilaku Harian
        ~ Yakin Atas Titah / Kodrat Illahi

Ja ~ Jumbuhing kawula lan Gusti
~ Menyatunya Hamba dan Tuhan ( makrifat sempurna )
        ~ Selalu Berusaha Menyatu, Memahami Kehendak Nya

Dha ~ Dhuwur wekasane endek wiwitane
        ~ Untuk Bisa Diatas Tentu Dimulai Dari Dasar
        ~ Prilaku Harian sbg dasar Tauhid/moksa

Pa ~ Papan kang tanpa kiblat
        ~ Hakekat Allah Yang Ada Disegala Arah
        ~ Semua Peran gerak dinamis alam semesta adalah wajah Allah

La ~ Lir handaya paseban jati
        ~ Mengalirkan Hidup Semata Pada Tuntunan Illahi
        ~ Fana Baqo’ fi syeh ( mati sajroning hurip ) tunduknya ego

Wa ~ Wujud hana tan kena kinira
        ~ Ilmu Manusia Hanya Terbatas Namun Implikasinya Bisa Tanpa
            Batas
        ~ Menembus batas sifat sifat Kemanusiaan menjadi sifat Tuhan

Sa ~ Sifat ingsun handulu sifatullah
~ Sifat diri menjadi Sifat Tuhan
~ Membentuk Kasih Sayang Seperti Kasih Tuhan

Ta ~ Tatas, tutus, titis, titi lan wibawa
        ~ Mendasar, Totalitas, Satu Visi,
        ~ Ketelitian Dalam Memandang Hidup

Da ~ Dumadining dzat kang tanpa winangenan
        ~ Menerima Hidup Apa Adanya
        ~ Spontanitas dalam Prilaku atau Ikhlas

Ka ~ Karsaningsun memayuhayuning bawana
~ Lahirnya Jiwa Kepemimpinan yg memberi kasih sayang
        ~ Hasrat Diarahkan Untuk Kesejahteraan Alam

Ra ~ Rasaingsun handulusih
~ Kasih Sayang Sejati muncul dari Hati yg Hampa
        ~ Rasa Cinta Sejati Muncul Dari Cinta Kasih Nurani

Ca ~ Cipta wening, cipta mandulu, cipta dadi
        ~ Satu Arah Dan Tujuan Pada Yang Maha Tunggal
        ~ Mencipta Keheningan, Mencipta Kehendak, Mewujudkannya

Na ~ Nur candra, gaib candra, warsitaning Candara
        ~ Pengharapan Manusia Hanya Selalu Ke Sinar Illahi
        ~ Kuasa Energy Hidup satu satunya penolong yg nyata

Ha ~ Hana hurip wening suci
~ Kembali kpd pemilik Kuasa Hidup Suci ( Tauhid Dat / Moksa )
        ~ Adanya Hidup Adalah Kehendak Dari Yang Maha Suci

Jumat, 12 Agustus 2016

PETA MENUJU TARIAN KEHIDUPAN SUFI

Mari membaca Perjalanan Dunia...
=================
Ini adalah PETA DUNIA



1. Kematian Alam Kubur/ Alam Barzah adalah posisi psikis pikiran adalah kematian jasad bangkitnya ROH AL QUDS merupakan posisi Baqo'
.....dilanjutkan

2. Tiupan Sangkakala Kehancuran Alam Semesta adalah dlm psikis pikiran kita bahwa kesadaran Kuldi yg menyatakan semesta dunia adalah abadi telah hancur lebur dlm pikiran kita merupakan posisi fana
.....dilanjutkan

3. HARI KEBANGKITAN SANG JIWA AGUNG yaitu Jiwa Kesadaran NURANI merupakan GERAK DIAM ROH AL QUDS dlm jasad psikis pikiran kita.
....dilanjutkan

4. Padang Mahsyar merupakan posisi kecerahan pikiran kita dlm membaca esensi dan makna yg tersurat dan tersirat dlm alam semesta raya.
.....dilanjutkan

5. Syafaat yaitu pertolongan dan penetapan roh al quds dlm rangkaian dinamika pola pikir dan kehidupan, intuisi hikmah
...dilanjutkan

6. HISAB adalah semua pertimbangan agung thd semua pelaksanaan aktifitas kita oleh kesadaran nurani yg ternalar secara sistemik dan disiplin dgn mengindahkan hukum sebab akibat ( sunnatulloh )
.....dilanjutkan

7. PENYERAHAN CATATAN AMAL merupakan bhakta budisedyo, budipekerti, budi laksono yg secara dinamis dilakukan seorang bhakta Tuhan yg secara psikis pikiran kita selalu mengupayakan prilaku bijak bajik.
....dilanjutkan

8. MIZAN merupakan peleburan timbangan baik dan buruk dgn kebijaksanaan ( sang narayan ) kebijaksanaan pola pikir utk memilah, memilih dan memutuskan berbagai dinamika persoalan hidup
....dilanjutkan

9. TELAGA ROSULULLOH lahirnya jiwa utusan dlm prilaku dinamika kehidupan kita sebagai tirtha mulia, yaitu
Gunatirtha Rupavardjita kemanfaatan hidup dgn wawasan dan kebijaksanaan memahami hidup utk asah asih dan asuh.
.....dilanjutkan

0. Shirat atau jalan yg lurus inilah jalan manusia yg diberi petunjuk dan bukan jalan yg disesatkan sbg jalan dharma berpikir bersih, berucap bersih, berprilaku bersih.
...dilanjutkan

1. Dualistik surga dan neraka merupakan esensi pikiran dan perasaan yg nyaman atau tidak nyaman utk dibebaskan dlm baitul makmur ( pikiran ) kita dgn selalu mengindahkan hukum sebab akibat.
.....
Inilah dunia semuanya adalah KESADARAN JIWA AGUNG SANG JIWA NURANI YG DINALAR DGN KEBIJAKSANAAN
.....
SANG READER = WPS :-) :-) :-)

Hakikat Dualistik dan Poligami Sufistik

PANDANGAN POLIGAMI
KAUM SUFISTIK
=======================


SALAM BUNGA SEPASANG,
Setiap ayat yang terdapat dalam Al Qur’an, selalu mengandung pengertian yang berpasangan baik lahir maupun batin serta mengandung banyak perumpamaan atau amtsal.

DASAR DUALITAS SIFAT PASANGAN

ALLOH SHAKTINYA NUR MUHAMMAD
BRAHMAN SHAKTINYA PARAMASIWA
SHIVA SHAKTINYA PARVATI
DAT SHAKTINYA PERANAN DAT ITU SENDIRI
Kata Shakti hanya menunjukkan PASANGAN / MANIFESTASI.

“Maha Suci Allah yang telah menciptakan segala sesuatu berpasangan-pasangan diantara yang tumbuh di bumi dalam pada diri mereka dan dari apa yang mereka yang tidak diketahui” (QS Yasin 36 :36)

“Dan Kami ciptakan segala sesuatu berpasangan-pasangan supaya kamu mendapatkan pengajaran”. (Ad Dzariyat 51 : 49)

DASAR PERUMPAMAAN . METAFORA, AMTSAL

“Dan sesungguhnya telah Kami buat dalam Al Qur’an ini bermacam-macam perumpamaan untuk manusia. Dan sesungguhnya jika kamu membawa kepada mereka suatu bukti, pastilah orang-orang yang kafir itu akan berkata : “Kamu tidak lain hanyalah orang-orang yang membuat kebohongan belaka”.
(QS Ar Rum 30 : 58)

“Sesungguhnya Kami telah menjelaskan berulangkali kepada manusia dalam Al Qur’an ini bermacam perumpamaan tetapi kebanyakan manusia enggan menerimanya kecuali ingkar”.
(QS Al Isra 17 : 89)

“Dan perumpamaan-perumpamaan ini Kami buatkan untuk manusia dan tiada yang memahaminya kecuali orang-orang yang berilmu”.
(QS Al Ankabut 29 : 43)


LINGGA YONI DALAM AL QUR’AN



”Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya, Dia menciptakan untuk kamu istri dari anfusmu sendiri……..”.
(QS Ar Rum 30 : 21)

“Dia menciptakan kamu dari diri yang satu, kemudian Dia menjadikan daripadanya istrinya……”.
(QS Az Zumar 39 : 6)

“Hai sekalian manusia, bertakwalah kamu kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu dan daripadanya Allah menciptakan istrinya….”.
(QS An Nisa 4 : 1)

Diri kita yang bersifat jasmani pasangannya bersifat ruhani.
Secara Jasmani / Lahiriyah
Diri jasmani kita juga mempunyai pasangan secara jenis kelamin, yaitu pria dan wanita.
Secara Ruhani / Batiniyah
Dalam pandangan ahli hakikat, pada diri setiap manusia, terdapat syimbol kelakian dan kewanitaan, baik secara genital maupun secara sifat.
Genital Pria diberi tanda dengan organ vital berbentuk huruf/aksara ALIF/LINGGA/ALU bhs arab organ vital pria ini disebut Ad-Dzakar sifatnya Ar-Rizal atau kebapakan maskulin
Genital Wanita diberi tanda dengan organ vital yang berbentuk huruf/ aksara BA’/ YONI/LUMPANG bhs Arab organ vital ini disebut Al-Untsa sifatnya An-Nisa atau jiwa keibuan feminim.



Diri manusia juga mempunyai dua syimbol kelakian dan kewanitaan sekaligus (aprodite), yaitu :
Tujuh lubang inderawi yang ada di kepala dan tiga lubang yang ada di badan sebagai syimbol kewanitaan, dan
sepuluh jari tangan sebagai syimbol kelakian.

Inilah makna syimbolis dari hakikat istri, yang di isyaratkan dalam Al Qur’an :

JALAN YG LURUS (SIROTOL MUSTAKIM ) LAKSANA RAMBUT DIBELAH 7



Tujuh lubang inderawi yang ada dikepala manusia merupakan tempat berkumpulnya empat rasa inderawi yaitu

pendengaran,
penglihatan,
penciuman dan
pengucapan,

Dan ahli hakikat merasakannya hal ini sebagai syimbol “empat istri” yang harus dinikahi secara keseluruhan atau poligami, agar ke empat hawa nafsu yang ada pada lubang-lubang telinga, mata, hidung dan mulut dapat dipimpin dan dikendalikan oleh sang suami ( kesadaran roh al quds)

“Dan jika kamu takut tidak dapat berlaku adil terhadap perempuan yatim, hendaklah kamu menikahi siapa saja di antara perempuan-perempuan yang kamu sukai dua, tiga, atau empat tetapi jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka nikahilah seorang saja atau kamu mengambil budak-budak perempuan yang kamu miliki………”. (QS An Nisa 4 : 3)

Seorang lelaki yang dapat mempunyai empat istri dan dapat mengendalikan dan memimpin ke empat istrinya adalah type seorang muslim yang terbaik, sesuai hadits rasululloh :

“Dari Sa’id bin Jubair, ia berkata : Ibnu Abbas berkata kepadaku : “Apakah engkau telah menikah?” Aku menjawab : “Belum”. Ia berkata : “Menikahlah, karena sesungguhnya sebaik-baiknya orang Islam adalah yang lebih banyak istrinya”. (HR Bukhari dan Ahmad)

Secara syimbolis dalil tersebut menjelaskan tentang hakikat dari keberadaan hawa nafsu yang berada disetiap lubang telinga, mata, hidung dan mulut.

Ke empat inderawi (telinga-mata-hidung-mulut) merupakan syimbol dari perempuan yatim, artinya perempuan yang hidup sendirian (yatim=sendiri, satu-satunya atau tidak berbapak).

Aktifitas mendengar, melihat, mencium dan mengucap, mengalami pertumbuhan dan perkembangan dengan sendirinya (yatim), karena mereka sudah diprogram oleh Allah untuk menjalankan fungsinya sesuai dengan perintah-Nya.

Telinga hanya berfungsi untuk mendengar, mata hanya berfungsi untuk melihat, hidung hanya berfungsi untuk mencium dan mulut hanya berfungsi untuk mengucap dan mengecap saja.
Singkatnya fungsi inderawi mereka tidak akan tertukar diantara mereka.
Hal ini yang diisyaratkan dalam firman-Nya :

“Dan sungguh Kami telah mencptakan di atas (kepala) kamu tujuh (lubang) jalan (aktifitas inderawi).Dan tidaklah Kami lalai memelihara (fungsi inderawi) yang Kami ciptakan itu”. (QS Al Mu’minun 23 : 17)

Setiap inderawi mempunyai kebutuhan yang sangat fithrah yang harus dipenuhi. Apabila kebutuhan itu terpenuhi dengan baik maka ia akan bahagia atau sebaliknya ia akan tidak bahagia apabila kebutuhannya tidak terpenuhi.

Kebutuhan mata adalah melihat.
Kebutuhan telinga adalah mendengar.
Kebutuhan hidung adalah mencium dan
Kebutuhan mulut adalah mengucap dan mengecap.

Semua kebutuhan itu harus dipenuhi dengan adil, tetapi kadang kita tidak bisa berbuat adil, misalnya kita hanya mendahulukan kepentingan salah satu inderawi saja dibandingkan kebutuhan inderawi lainnya atau kita hanya mempercayai salah satu inderawi saja dibandingkan mempercayai inderawi lainnya.

Inilah yang diisyaratkan secara syimbolis dalam firman-Nya :

“Dan kamu tidak akan dapat berlaku adil diantara istri-istrimu walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian, maka janganlah kamu terlalu cenderung kepada istri yang kamu cintai sehingga engkau biarkan isrtri yang lain seperti tergantung (terlupakan)……….”. (QS An Nisa 4 : 129)

Dalam mengarungi bahtera rumah tangga, kadang para istri atau wanita menjadi sumber fitnah dan dosa, karena mereka banyak menuntut kebutuhannya secara berlebihan, sehingga Nabi Muhammad Saw pernah bersabda :

“Perempuan adalah perangkap syeitan”. (Al Hadits)

“Aku tidak meninggalkan umatku fitnah yang kebih berbahaya buat lelaki lebih dari fitnah yang dibawa kaum wanita”. (Al Hadits)

“Bumi ini subur dan indah. Dan Tuhan telah menyerahkan amanah kepada kalian di muka bumi ini. Jika muncul godaan di dunia, berhati-hatilah kalian. Dan berhati-hatilah terhadap wanita, karena fitnah pertama yang menimpa bangsa Isarail adalah fitnah wanita”. (HR Muslim)

Secara syimbolis, hadits tersebut menjelaskan bahwa keinginan dari hawa nafsu yang ada di lubang inderawi kita, bisa juga menjadi perangkap syeitan (syeitan adalah sifat menjauh atau merenggang dari kebenaran) yang seringkali menimbulkan permasalahan karena kita akan terus mengikuti kemauannya dan selalu memenuhi kebutuhannya, sehingga kita akan menjauh dari nilai-nilai kebenaran.

Misalnya, kita selalu menuruti apa saja yang yang diinginkan oleh mulut, sehingga kita makan secara berlebihan tanpa mempedulikan apakah makanan itu baik atau tidak.

SOLUSI PENGENDALIAN HAWA NAFSU
----------------------------------------------------------------
Untuk mengatasi masalah tersebut Allah telah memberikan jalan keluarnya yaitu agar setiap lelaki atau suami selalu mengendalikan dan memimpin wanita atau istri-istrinya atau hawa nafsunya yang terdapat pada telinga, mata hidung dan mulut.

“Lelaki adalah pemimpin atas para wanita karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita)…..”. (QS An Nisa 4 : 34)

Siapakah sang suami atau lelaki secara hakikat ?

Secara hakikat syimbol “suami atau lelaki” adalah jari-jari tangan kita.
Hanya jari-jari tangan kitalah yang dapat mengendalikan hawa nafsu atau keinginan yang berlebihan yang timbul dari ke empat istri kita yaitu telinga, mata, hidung dan mulut, dengan cara meng-IKROM-kan (melarang) mereka untuk beraktifitas seperti yang diisyaratkan dalam gerakan takbiratul ihram dalam setiap awal ibadah shalat.

Ketika keinginan untuk mendengar, melihat, mencium dan mungucap atau mengecap sudah sangat berlebihan, maka satu-satunya cara untuk menghentikannya adalah dengan menutup lubang-lubang inderawi tersebut dengan jari-jari tangan kita, dengan gerakan takbiratul ihram (takbir larangan).
Dengan tertutupnya lubang-lubang inderawi kita maka secara berangsur-angsur keinginan hawa nafsu dari para istri mulai menghilang.

Gerakan takbiratul ihram secara syimbolis juga mengisyaratkan hubungan antara “pernikahan atau perkawinan” syimbol kelakian yaitu jari-jari tangan, dengan syimbol kewanitaan yaitu lubang-lubang inderawi, dengan proses pertemuan dengan Allah.
Gerakan takhiyat dengan menunjukkan jari telunjuk dan menggenggan 4 jari yg lain juga simbolis dari penyatuan 4 hawanafsu istri istri kita menuju jalan PERSATUAN DGN TUHAN
Wps.

Kamis, 11 Agustus 2016

Perspektif An Nuur 35

Bashiroh NYA
PENGLIHATAN NYA
===============
SETIAP MAKHLUK BUTUH CAHAYA UNTUK MELIHAT,
MANUSIA BUTUH CAHAYA MATAHARI ATAU LAMPU UTK MELIHAT.
....
KUCING MENGELUARKAN CAHAYA INFRA MERAH PADA MATANYA BISA MELIHAT DLM MALAM YG GELAP.
....
APAKAH PERUMPAMAAN CAHAYA.....????
....
BOLA MATA HANYALAH SARANA ATAU ALAT ATAU MEDIA CAHAYA UTK MELIHAT NUR MUHAMMAD CAHAYA KEMULIAAN YG BERWARNA WARNI SBG KEINDAHAN WAJAH NYA.
..

Allah (pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi.
#cahaya_matahari
-------------
Perumpamaan cahaya-Nya, seperti sebuah lubang yang tidak tembus yang di dalamnya ada pelita besar.
#adalah_inti_matahari_dlm_buana_agung
#adalah_JANTUNG_sumber_pelita_dlm_buana_alit
--------------
Pelita itu di dalam tabung kaca, (dan) tabung kaca itu bagaikan bintang yang berkilauan,
#adalah_Bola_matahari_dlm_buana_agung
#adalah_Bola_mata_dlm_buana_alit
------
yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi,
#adalah_Air_asal_kehidupan_maul_hayat_dlm_buana_agung
#adalah_Air_mata_dlm_buana_alit
------
(yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di timur dan tidak pula di barat,
#adalah_inti_sari_bumi_di_buana_agung
#adalah_sunsum_tulang_belakang_pohon_sidrah_dibuana_alit
-------
yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api.
#adalah_RUH_HIDUP_AGUNG_BUANA_AGUNG
#Energy_Cahaya_Gaib_ruh_al_quds_buana_alit
--------
Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah memberi petunjuk kepada cahaya-Nya bagi orang yang Dia kehendaki, dan Allah membuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia.
#adalah_cahaya_mutlak_dikendalikan_oleh_NYA
--------------
Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.
#peleburan_cahaya_penglihatan_bersama_bashirohNYA
[QS. An-Nur: Ayat 35]

Laa haula wala quwata illa billah ....
Tiada daya kekuatan selain daya Kekuatan Sang Ruh Jagat Agung yg termanifestasikan dalam percikan Ruh Al quds kita
....
Ini pemahaman spontan saya mohon maaf bila tidak ada kesesuaian dgn sahabat yg lain, karena maha luas penafsiran hanya utk setiap hamba agar mengerti itu saja,
Semoga dalam damai Tuhan
Semakin kita Tahu, kita semakin tidak tahu apa apa...

Rabu, 10 Agustus 2016

NGABEN ???

Saya tak membahas agama, saya hanya belajar istilah/ bahasa dlm kemasan

NGABEN....???
Penyempurnaan Roh....???
===================
Ngaben adalah untuk memproses kembalinya Panca Mahabhuta ( air, api, tanah, udara, bayu )  di alam besar ini dan mengantarkan Atma (Roh) ke alam Pitra / alam FITRAH / Alam Kemurnian Tuhan dengan memutuskan keterikatannya dengan badan duniawi itu.

ROH ( atma/ roh al quds ) tak akan mampu kembali ke alam pitra/ alam fitrah/ alam kemurnian Tuhan, bila masih terlekati kemelekatan hidup didunia yg terdapat pada panca mahabhuta (Bayu, air, tanah, udara, api ) setelah kematian jasadnya.
...
Untuk itulah kita diajari cara mensuniakan jiwa, menghampakan jiwa, mengosongkan jiwa, mematikan hidup didalam hidup, mati sajroning urip, tauhid, moksa.
....
Semua itu dlm rangka kita #SAAT_HIDUP_SEKARANG
KITA MENGABENKAN DIRI KITA SENDIRI....
....
PELAJARAN TAUHID/ MOKSA memposisikan jiwa hampa, jantung hati suwung/kosong dari kemelekatan hidupnya dunia ( pancamahabhuta ) agar kita melakukan penyempurnaan ROH ( atma/ ruh al quds ) sejak dini.....sehingga NYEPI nya jantung hati merupakan PROSES PERJALANAN AWAL NGABEN DIRI KITA....AGAR NANTI SETELAH TUGAS KITA BERAKHIR DI DUNIA INI RUH NYA MAMPU KEMBALI KE.ALAM PITRA ATAU ALAM KEMURNIAAN TUHAN ATAU ALAM PERANTUNAN dan ini sering diucapkan dgn kalimat AMOR RING ACINTYA atau WA INNA ILAIHI ROJIUN yg berarti KEMBALI KPD KEKOSONGAN ALAM TUHAN ITU SENDIRI.
.....
BELAJARLAH MATI SEBELUM MATI ADALAH PELAJARAN MATI DLM HIDUP.......
....
ADALAH PEMURNIAN MENUJU KESEMPURNAAN ALAM TUHAN YME....
...
Robbi bi robbi
Tuhan hanya dilihat dgn percikan Tuhan
Energy hanya dilihat dgn percikan Energy
....

Jumat, 05 Agustus 2016

HAKIKAT DIBALIK HARI

Dibalik Hari
=========
Ahad = terjadinya penyatuan semesta 6 sudut hexagonal
Tritunggal Langit dan tritunggal bumi
Air kesemestaan sbg tirtha hidup maul hayat
Penyatuan Kesadaran Cosmos
Penyatuan Buana Alit dan Buana Agung


...
Senin = hidupnya nama
al kholiq = brahma
Merupakan penciptaan sebutan atas nama nama wujud.
Seperti nama nama benda, makhluk dll
...
Selasa = hidupnya sifat
Al jabbar = siwa
Merupakan pensifatan dlm nama nama perwujudan Tuhan
Seperti Pensifatan kebendaan dan makhluk
...
Rebo = hidupnya prilaku
Al hafidz = pemelihara
Merupakan perlakuan dlm pembiasan nama, sifat dlm pemeliharaan
Alam semesta bima sakti dan segala isinya
Seperti karakter prilaku kebendaan dan makhluk
....
Kemis = hidupnya abdi
Hidupnya utusan
Merupakan kehadiran Sang Caraka / Utusan yg memiliki kemanunggalan, nama, sifat dan prilaku Nya dlm kebijaksanaan harmoni semesta.
Seperti : Manusia berpikir
....
Jumat = penyaksian abdi
Tauhid_dat = moksa
Merupakan perlakuan makrifat ( kenal Djati Diri ) yg asli sebagai Hamba yg bersatu dgn Tuhannya ( penyaksian transendental jiwa ).
Dimana kenal frekwensi kekosongan pada jantung hatinya namun kesadaran pikirannya membiaskan Trimurti sbg dharma Tuhan iti sendiri tanpa pengakuan seorang hamba
Seperti : Manusia yg mengakui dia bersama Tuhannya

....
Sabtu = menyerahnya abdi
Tiada abdi dan tuhan lebur hari.sabath totalitas tindakan
Merupakan bentuk kalepasan/ berserah diri, tiada daya kekuatan apapun selain daya ( energy ) kekuatan Tuhan itu sendiri yg membuat kita hidup, berbicara, mendengar, melihat, berpikir, bersikap, bertindak, semua itu adalah Energy dari Tuhan.
Seperti Manusia Insan Kamil

Hari demi hari yg berulang ulang dalam kesadaran penyatuan dan peleburan manusia dgn Tuhan, merupakan tujuan yg mendasar agar kehidupan manusia sbg bhakta Tuhan yg tunduk dan patuh mampu memurnikan dirinya agar tidak kembali ke dunia, dan.pulang ke tempat aslinya yaitu energy Tuhan yg tak.terdefinikan secara ilmiah, namun tetap berperan memelihara kehidupan dlm bentuk yg lain dan terbebas dari.dualitas materi.
....
Menuju FITROH adalah KEMURNIAN SANG ENERGY TUHAN ITU SENDIRI YH MEMELIHARA TANPA DUALITAS MATERI

HAKIKAT RUKUN HAJJI = TOTALITAS TINDAKAN

Rukun Haji dan HAKIKAT NYA
======================
#Ihram (niat) adalah pernyataan mulai mengerjakan ibadah haji atau umrah dengan memakai pakaian ihram disertai niat haji atau umrah di Miqat.
Makna
-------
Niat melepaskan model duniawi dgn menggunakan baju putih tanpa jahitan. Menuju ajaran bersuci.


#Wukuf di Arafah adalah berdiam diri dan berdo'a di arafah pada tanggal 9 Dzulhijah.
Makna
------
Wukuf berarti jumeneng, diam, merenung, tahannut memohon petunjuk utk mengendalikan 9 lubang hawa nafsu, pengendalian 9 pintu naga, makanya dilaksanakan tgl 9 sbg simbolis rahasia angka.
#arafah = mengerti = faham



#Tawaf_Ifadah adalah mengelilingi Ka'bah sebanyak 7 kali dilakukan setelah melontar #Jumrah_Iqabah pada tanggal 10 Dzulhijah.
Makna
-------
Mengelilingi ka'bah 7 kali adalah melepaskan berbagai kemelekatan duniawi yg merupakan kesadaran kuldi bahwa dunia adalah abadi.
Memutar 7x dgn menahan nafas dlm meditasi :-)



Melontar jumroh adalah simbolik penghancuran/ pemurnian Sifat buruk kita didalam akal dan syahwat kita. Agar tidak mengganggu proses menuju Prilaku Mulia NYA.




10 dzulhijah adalah penyatuan 10 arah mata angin menjadi satu titik yaitu ruh al quds
Pemurnian sifat bhuta kala menuju sifat malaikat/dewa

#Sai adalah berjalan atau berlari - lari antara bukit Shafa dan Marwah sebanyak 7 kali dilakukan setelah Thawaf Ifada.
MAKNA
--------
SAI adalah berlari kecil adalah usaha dan aktifitas kita sehari hari utk menggandeng 7 cakra kesadaran dalam realitas manfaat.



#Cukur atau tahalul, yakni bercukur atau menggunting rambut setelah melakukan Sa'i
Makna
--------
Mencukur rambut adalah simbolis kita menjadi budha, budha disini adalah kepala kita sdh tidak dipenuhi siasat angkara, serakah,.tamak, ego
Iri dengki, hasut dll
Budha = budi daya luhur bukan agama namun jiwa rosulihi atau memuhammadkan diri.



#Tertib, artinya mengerjakan kegiatan sesuai dengan urutan dan tidak ada yang tertinggal.
Makna
------
Tertib disiplin disetiap segmen prilaku hidup #islam_kaffah


Senin, 01 Agustus 2016

PELAJARAN UMUM APAKAH TIDAK AGAMIS..?

APAKAH PELAJARAN UMUM ITU TIDAK AGAMIS DAN SPIRITUALIS....???
===================
Religius ( keagamaan ) spiritual ( keruhanian ) melahirkan pelajaran umum ( universal ) yg bisa diterima semua kalangan.
Universal adalah nama, sifat, af'al dari Tuhan YME.
.....
Contoh :
--------
Ilmu yg paling jujur adalah matematika
Karena 1 + 1 = 2
Itulah kenapa kita wajib jujur (amanah)
...
Ilmu yg paling benar adalah fisika.
Karena titik didih air dimanapun 100 derajat celcius.
Dan titik beku 0 derajat celcius.
Itulah kenapa kita wajib membiaskan kebenaran ( shidiq)
....
Ilmu yg paling cerdas adalah ilmu psikologi
Karena mampu memperhatikan kejiwaan kita dan org lain
Itulah kenapa kita harus cerdas ( fathonah ) agar tidak mudah dikibulin :-)
.....
Ilmu yg menyampaikan adalah ilmu komunikasi dan bahasa.
Karena mampu menempatkan pergaulan dgn corak sesuai domisili daerah.
Itulah kenapa kita harus dapat menyampaikan maksud dan tujuan ( tabligh )
....
Ilmu yg paling ikhlas adalah spontanitas prilaku yg bermanfaat buat sesama, dengan kasih sayang tulus.
.....

Rabu, 27 Juli 2016

MISTIK JE ILMIAH...???

Ketika Mistik Menjadi Ilmiah
Antara Mistik dan Ilmiah

Ilmu tentang itu akan disebut magicology, miracology, dan divinology, yang berdampingan dengan ilmu pengetahuan konvensionil.

Ada hal-hal ajaib pada masa lalu yang kini telah menjadi hal biasa.

Telepon genggam, teleconferencing, penerbangan antar benua, satelit cuaca, robot, teknologi laser, adalah contohnya.

Saat ini, masih banyak hal-hal aneh dan gaib yang masih tetap misterius tanpa bisa dijelaskan oleh logika.

Karomah para wali yang membuat mereka bisa berada di dua tempat pada saat yang sama, kesaktian kiai yang bisa membaca niat pikiran tamu yang menghadap, para pendeta Budhha di Tibet yang bisa melayang 50 cm di udara ketika bersemedi, dukun Voodoo Afrika yang bisa membuat orang di seberang lautan menjerit kesakitan, dan praktek-praktek gaib lainnya di berbagai pelosok dunia, memperagakan hal-hal yang tidak dipahami akal saat ini.

 Karena tidak bisa dimasukkan ke dalam cabang-cabang ilmu pengetahuan normal yang ada, maka hal semacam itu disebut paranormal.

Peter Lorie dan Sid Murray Clark, dua orang futurologis, meramalkan dalam bukunya History of the Future, bahwa 600 tahun kedepan, manusia akan mengadopsi mistik dan magic sebagai suatu realita dan merupakan sisi lain dari gejala ilmiah dalam kehidupan alam ini.

Ilmu tentang itu akan disebut magicology, miracology, dan divinology, yang berdampingan dengan ilmu pengetahuan konvensionil.

Kecenderungan ke arah sana sudah berlangsung.

Ada penelitian tentang Extra Sensory Perception (ESP) yang mendalami kemampuan mengetahui benda di ruang lain hanya dengan “merasa”.

Ada ilmu telepati yang menelusuri kemampuan berkomunikasi tanpa alat.

Ada ilmu tele-kinetik yang bisa membengkokkan garpu dari jarak jauh.

Manusia akan menyadari bahwa tidak semua benda harus berperilaku sesuai dengan ilmu pengetahuan yang berlaku.

Sebenarnya tidak usah menunggu enam abad lagi, Islam sudah sejak awal menetapkan bahwa percaya pada yang gaib adalah syarat menjadi orang bertakwa.

Keutamaan ilmu dalam Islam tidak hanya merujuk pada ilmu sains teknologi modern saja, tetapi meliputi ilmu dalam segala dimensi yang sudah maupun yang belum ditemukan.

Saat ini, beberapa hal ajaib dan mistik mulai bisa dijelaskan secara ilmiah.

Prof. Ir. Lilik Hendrajaya, M.Sc, Ph.D, mantan Rektor ITB, berhasil menjelaskan secara teori ilmu fisika tentang fenomena penumpukkan energi melalui #latihan_pernafasan.

Tenaga yang didapat dengan menahan nafas bisa disalurkan secara ajaib sehingga membuat musuh terpental tanpa disentuh.

Tenaga itu juga bisa dipakai untuk mendiagnosa penyakit melalui telepon.

Banyak orang yang menyangka bahwa itu adalah ilmu gaib, mistik, dan meminta bantuan Jin.

Tetapi beliau secara ilmiah menguraikan bahwa darah manusia tersusun dari atom oksigen (02) dan atom besi (Fe).
Pada waktu bernafas biasa, oksigen jumlahnya berlimpah dalam paru-paru dan molekul darah dengan mudah menyerapnya tanpa melakukan pengaturan apa-apa.

Tetapi sewaktu nafas ditahan, cadangan oksigen dalam paru-paru secara berangsur-angsur berkurang diserap oleh darah yang terus mengalir.

Supaya tetap mendapatkan kadar oksigen sejumlah yang diperlukan, molekul darah (hemoglobin) mengatur diri “berbaris” secara serial dengan urutan: atom besi (Fe) -- rantai protein -- atom besi (Fe) -- rantai protein, dan seterusnya.

Akibatnya, darah di dalam pembuluh darah akan membentuk barisan simetris. Posisi ini akan memudahkan proses pengikatan oksigen dan oksidasi.

Atom besi --yang bersifat paramagnetik dan ferromagnetik-- dalam hemoglobin yang tersusun simetris tadi, membuat darah menjadi bersifat magnetik teratur atau disebut terpolarisasi magnetik. Fenomena yang dihasilkan antara lain:

1. Tubuh manusia menjadi mengeluarkan medan magnet dan memiliki dua kutub, kutub utara dan kutub selatan.

2. Darah bermagnet yang mengalir menimbulkan medan magnet yang dinamik, yaitu memancarkan gelombang elektromagnet.

Pancaran medan magnet dari tubuh orang tersebut akan berinteraksi dengan medan magnet bumi, maupun dengan medan magnet yang berasal dari orang lain.

Selanjutnya jika dua kutub yang terpancar searah dengan medan magnet luar, orang tersebut akan terdorong maju atau ke belakang.

Sedangkan jika membentuk sudut dengan arah medan magnet luar, orang tersebut akan terputar.

Medan magnet yang dipancarkan bisa menginduksi, mengimbas orang lain, sehingga tampak seperti menyedot atau memutar tubuh orang lain tanpa menyentuhnya.

Hal ini juga bisa terjadi dalam praktek penyembuhan orang lain.

Pancaran gelombang elektromagnetik dari tubuh seseorang yang darahnya terpolarisasi, menghasilkan pancaran tenaga (panas) dan aura.

Pancaran ini dapat “dilihat” oleh orang lain melalui suatu “tuning” yaitu interferensi dan resonansi dari dua gelombang yang berasal dari kedua orang tadi ketika frekuensinya sama. Interferensi ini menjadi jalan masuknya informasi antar kedua orang tadi.

Bila jaraknya jauh, disebut telepati.

Sedangkan fenomena biologis akibat terpolarisasinya darah adalah antara lain:

1. Darah yang molekulnya teratur, terpolarisasi, akan mudah dioksidasi, dibersihkan dari sel-sel asing dan sel-sel organ tubuh yang rusak akan mudah dibangun kembali dengan sari makanan yang dibawa oleh darah. Ini berarti lancarnya metabolisme.

Darah yang tidak terpolarisasi, susunannya tidak teratur dan disela-selanya sering bersarang sel-sel asing, bakteri, virus sehingga sukar dioksidasi.

2. Debu elektrostatik dari luar tubuh, terutama debu virus atau kuman penyakit akan terlempar sebelum menyentuh tubuh, karena ditolak oleh medan magnet tubuh.

Secara fisika, suatu medan magnet terpolarisasi yang mengandung energi dan informasi dapat disimpan dalam zat yang juga magnetik. Contohnya :
penyimpanan data dalam pita kaset musik, disket komputer, compact disk, dsb. Penyimpanan tenaga dalam dapat bersifat sementara maupun permanen.

Prosesnya berlangsung dengan jalan pengimbasan pada zat magnetik melalui kekuatan pikiran.

Adapun zat magnetik yang baik untuk penyimpanan tersebut antara lain oksigen (02), darah, tanah liat, kristal, logam kelompok besi, kumparan logam (solenoid) dan air (H20).

Penemuan Prof. Lilik tersebut membuat kita tersentak. Betapa tipisnya batas antara mistik dan ilmiah.

Kita harus terus berusaha memecahkan rahasia-rahasia kejadian ajaib secara ilmiah.

Namun, kita pun tak boleh mengingkari adanya jalur ilmu berdimensi lain yang memang ada di alam ini.

Jumat, 22 Juli 2016

Cara menjadi manusia beradab

Cara jadi manusia beradab ...???
=========
Manusia beradab tidak hanya dituntut pandai dan cerdas namun mampu berpikir bijaksana dan menempatkan dirinya utk menyamankan dan mengamankan siklus dilingkungannya.

#Tatwa = al ilmi = njanayoga
Merupakan sarana menyelami maksud dari ritual peribadatan yg kita anut menuju hakikat/makna yg sejati.

#widhi_tattwa = ALLOH ESA = MONOTHEISME
merupakan Hakikat/ Makna Tuhan itu tunggal, namun memiliki peranan dan manifestasinya dlm banyak nama, sifat dan prilakunya.

#Atma_Tattwa = Percikan Ruh Alloh/Brahman yaitu ruh al quds dlm diri setiap manusia.

Jiwatma/ ruh al quds bersifat abadi, namun karena terpengaruh oleh badan manusia yang bersifat maya, maka Jiwatma/ ruh alquds tidak mengetahui asalnya yang sesungguhnya.
Keadaan itu disebut Awidya.

Hal tersebut mengakibatkan Jiwatma mengalami proses reinkarnasi berulang-ulang.

Namun proses reinkarnasi tersebut dapat diakhiri apabila Jiwatma mencapai moksa/ tauhid.

Reinkarnasi = kelahiran kembali terjadi karena karma phala  karma = perbuatan; phala = buah/hasil) adalah hukum sebab akibat dan disebut juga #sunnatulloh secara makna yg sejati.
Bertujuan agar atma/ ruh alquds kembali kpd kemurnian( fitroh ) sang Brahman /Alloh swt.

Moksa = Tauhid
Moksa/ tauhid merupakan suatu keadaan di mana jiwa merasa sangat tenang dan menikmati kebahagiaan yang sesungguhnya karena tidak terikat lagi oleh berbagai macam nafsu maupun benda material.

Pada saat mencapai keadaan Moksa/ tauhid, jiwa terlepas dari siklus reinkarnasi sehingga jiwa tidak bisa lagi menikmati suka-duka di dunia.

Untuk itulah tauhid diajarkan oleh Alloh dlm syahadat penyaksian

Selasa, 19 Juli 2016

SIFAT 20 dlm PRILAKU

Managemen Hidup dlm Panduan sifat 20 pelaksanaannya adalah terbalik dimulai dari
No.
#MASUK_BATIN
20. Kaunuhu Mutakallimun - ﻛﻮﻧﻪ ﻣﺘﻜﻠﻤﺎ
"Dan Allah berkata kepada Musa dengan satu perkataan yang jelas.” (QS. AnNisa’:164)
...YAITU :
MENDENGAR SUARA HATI

19. Kaunuhu Basirun - ﻛﻮﻧﻪﺑﺼﻴﺭﺍ
“Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.“ (QS. Al Hujurat :18)
...YAITU :
MELIHAT SIKON DGN CERMAT
BELAJAR MELIHAT SEKSAMA

18. Kaunuhu Sami’un - ﻛﻮﻧﻪﺳﻤﻴﻌﺎ
“Allah Maha Mendengar dan Maha Mengetahui.“ (QS. Al Baqoroh:256)
...YAITU :
MENDENGAR SIKON DGN CERMAT....
BELAJAR MENDENGAR SEKSAMA

17. Kaunuhu Hayyun - ﻛﻮﻧﻪﺣﻴﺎ
"Dan bertakwalah kepada Allah yang hidup kekal dan yang tidak mati." (QS. Al Furqon:58)
...YAITU
BERJIWA TUNDUK PATUH THD SUARA HATI, PENGLIHATAN DAN PENDENGARAN

16. Kaunuhu ‘Alimun - ﻛﻮﻧﻪﻋﺎﻟﻤﺎ
“Dan Alllah Maha Mengetahui sesuatu.“(QS. An Nisa’:176)
...yaitu
MENCERMATI SEGALA SESUATU YG JELAS / SPESIFIK

15. Kaunuhu Muridun - ﻛﻮﻧﻪﻣﺮﻳﺪﺍ
“Sesungguhnya Tuhanmu Maha Melaksanakan apa yang Dia kehendaki."  (QS. Hud:107)
...YAITU
MENGERJAKANNYA SESUAI UKURAN TIMBANG DGN CERMAT / MEASURABLE

14. Kaunuhu Qadirun - ﻛﻮﻧﻪﻗﺎﺩﺭﺍ
“Sesungguhnya Alllah berkuasa atas segala sesuatu.“ (QS. Al Baqarah:20).
..YAITU
KUASAKAN / ACHIEVEMENT / KEMAMPUAN DAYA KAPASITAS DIRI

#Bathin_membias_raga
13. Kalam (Berbicara / Berfirman) - ﻛﻼ ﻡ
"Dan Allah berkata kepada Musa dengan satu perkataan yang jelas.” (QS. AnNisa’:164)
...YAITU
BICARAKAN REALITASNYA DLM PRILAKU SESUAI KONTEKS2 YG SDG DIKERJAKAN BUAT SOP

12. Basar ( Melihat ) - ﺑﺼﺮ
”Dan Allah maha Melihat apa yang kamu kerjakan.” (QS. al-Baqarah: 265)
..YAITU
Singkronisasi penglihatan batin ke raga dgn membaca melalui penglihatan menentukan realitas waktu bhuta kala

11. Sama’ (Mendengar) - ﺳﻤﻊ
وَهُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ  الشورى
"Dan Dia maha mendengar & mengetahui" (Q.S syuro 11)
...YAITU
Singkronisasi pendengaran
batin dan lahir utk menimbang dgn seksama membaca dgn pendengaran

10. Hayat (Hidup) - ﺣﻴﺎﺓ
وتو كل على الحى الذ ى لايمو ت
"Dan bertakwalah kepada Allah yang hidup yang tidak mati." (QS. Al-Furqon:58)
...YAITU
PELEBURAN HIDUP JIWA RAGA
Ahadun / tat twam asi /
Ana Ahmad bila mim = Ahad
Mati sajroning hurip

9. Ilmu (Mengetahui) - ﻋﻠﻢ
وهوبكل شيى عليم
"Dan dia (Allah) maha mengetahui segala sesuatu." (QS.Al Hadid:3 & QS.Al Baqaroh:29)
...YAITU
SEGALA SESUATU PERLU ILMU ATAU ELMONILAH ( kupaslah dgn ilmiah / pengetahuan ) dari kitab kitabnya yg terbentang di seluruh gugusan bima sakti.

8. Iradah (berkehendak) - ﺇﺭﺍﺩﺓ
 ان ربك فعال لمايريد
"Sesungguhnya Tuhanmu Maha Pelaksana terhadap apa yang dia kehendaki." (QS. Hud:107)
...yaitu
KEHENDAK KITA ADALAH KEHENDAKNYA ...AF'AL KITA ADALAH AF'ALNYA
IKHLASLAH..... :-) :-) :-) LAHIRLAH SUWUNG NAMUN ISI

7. Qudrat (Berkuasa) - ﻗﺪﺭﺓ
إن اﷲعلى كل شيى قد ير
"Sesungguhnya Allah berkuasa atas segala sesuatu." (QS. Al-Baqarah:20)
...YAITU
KUASA KITA ADALAH BERPUSAT KPD ROH SUCI
ROHSO PUNJERING TUMINDAK
Kesadaran macro cosmos, cakra kesadaran alam raya

6. Wahdaniyyah (Tunggal/Esa) - ﻭﺣﺪﺍﻧﻴﺔ
 لوكان فيهماالهةإلااﷲ لفسد تا
"Seandainya di langit dan dibumi ada tuhan-tuhan selain Allah, niscaya langit dan bumi akan rusak." (QS. Al Anbiya:22)
...yaitu
TANPA DOGMA TANPA ALIRAN KEYAKINAN MUTLAK SEGALA RAGAM ADALAH WAJAH ALLOH
SATU SUMBER

5. Qiyamuhu Binafsihi (Berdiri Sendiri) - ﻗﻴﺎﻣﻪ ﺑﻨﻔﺴﻪ
إن اﷲ لغنى عن العا لمين
"Sesungguhnya Allah benar-benar maha kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari alam semesta." (QS. Al Ankabut:6)
...yaitu
Rasa ikhlas yg kronis, mandiri, legowo, rela dlm peran diri sendiri.

4. Mukhalafatuhu Lilhawadith (berbeza dengan Ciptaannya) - ﻣﺨﺎﻟﻔﺘﻪ ﻟﻠﺤﻮﺍﺩﺙ
 ليس كمثله شيئ وهوالسميع البصير
"Tidak ada sesuatu apapun yang serupa dengan Nya (Allah), dan dia lah (Allah) yang maha mendengar lagi maha melihat." (QS. Asy-Syuro:11)
..yaitu
Alloh tak terdefinisikan dlm rupa dan bentuk lebur djati kahanan arupadhatu
...
Semua makhluk tak sama perannya tak sama wajahnya tak sama nasibnya meskipun kembar identik :-)....
...
Semua alam raya ini hakikat wajahNya peran Nya..
..
Biaskan peranNya dlm prilaku kita.

3. Baqa’(Kekal) - ﺑﻘﺎﺀ
 كلشئ هالك إلاوجهه
"Tiap sesuatu akan binasa (lenyap) kecuali Dzat-nya." (QS. Qoshos:88)
....maka
Raga kita telah diberikan kpd RUH (zakat fitrah) pemurnian
Kita adalah cahaya
Tauhid dat alam tritunggal trimurti

2. Qidam (Dahulu/Awal) - ﻗﺪﻡ
 هوالاول والاخروالظاهروالباطن
"Dialah yang awal dan yang akhir Yang zhohir dan yang bathin." (QS. Al-Hadid:3)
 ..yaitu
Peleburan nyata tiada awal dan akhir, ana al haq, makrifat sempurna, ilmu laduni, fana fi syeh, wisnu = wis nunggal tingalih marang Datipun pengeran

1. Wujud (Ada) - ﻭﺟﻮﺩ
جلقالسموات والارض وما بينهمافي ستةايام ﷲالذى
"Allahlah menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada diantara keduanya dalam (waktu) enam hari." (QS. AS sajdah:4)
...yaitu
Ini l ah panembahan djati yg sesungguhnya dalam wujud Dat.
Kita semua adalah cahaya

Jika semua perannya kita wujudkan dgn smart maka kita hilang dr pandangan dunia