Cari Blog Ini

Jumat, 06 November 2009

Pengertian ILMU JAWA

ILMU JAWA
memiliki pengertian yang sederhana atau simpel
ILMU adalah cara atau pedoman umtuk mempelajari sesuatu.
JAWA adalah Normal/ Wajar/ Ngerti/ Mbeneh/ Genah.

Keilmuan Jawa berarti Pedoman yang bersifat wajar/ normal dan tidak berbenturan dengan adat-istiadat apapun dan mampu mengayomi Tabiat Lingkungan yang Ada. Berarti pula Ilmu Jawa tersebut memiliki makna saling harga menghargai, santun, mengedepankan norma-norma yang ada, saling asah-asih-asuh, dan saling bergantung antara satu sama lain sebagai komunitas yang saling melengkapi.

Wajar bilamana budaya Jawa lebih mengedepankan Tepo Sliro yang mempunyai Makna Tepo adalah Tepat ( Tepak ) dan Sliro adalah Diri ( badan ). Sehingga orang - orang Jawa yang masih memakai Budaya ini Lebih mengedepankan Menempatkan Diri di berbagai keadaan & kondisi Lingkungan yang ada dengan menggunakan bahasa-bahasa yang Santun yang lebih kita kenal dengan Krama Inggil.

Masyarakat modern sekarang sudah banyak terlena dengan budaya-budaya asing yang notabene budaya tersebut dikatakan lebih "Up To Date" atau tidak ketinggalan jaman sehingga muda-mudi sekarang jarang sekali yang memperhatikan Budaya Jawa ini.

Sehingga Adat-Istiadat Jawa ini perlahan-lahan mulai ditinggalkan, dan perlahan-lahan pula generasi sekarang banyak yang tidak memiliki Tepo Sliro atau tidak dapat menempatkan diri dengan baik, sehingga melanggar rambu-rambu larangan yang ada.

Tepo Sliro merupakan pula pengejawantahan dari Budi Pekerti Luhur atau Budi Dharma atau Akhlakul Karimah.

Apakah kita sudah Tepo Sliro.......???

Tidak ada komentar: