Cari Blog Ini

Sabtu, 03 September 2016

Makna Tersirat ajaran Leluhur

PUSAKA AJARAN LELUHUR
DI GUNUNG BUDHEG, CANDI TRITIS, GOA TRITIS, WATU KAHYANGAN SEMAR DALAM MENUJU KESADARAN SEJATI.
--------------------------
by : wps
...
Menilik budaya nusantara yg kaya akan filosofi dan tautan mistis yg kental terkadang kita hanya menelan mentah sebuah simbolis dan ajaran leluhur kita tanpa mengetahui hakikat tujuan yg sebenarnya.
...
Tanpa mengurangi rasa hormat saya kpd semua pinisepuh, pandhito, pemangku, ring luhur nusantara yg saya kasihi.
Saya akan mencoba memberikan sebuah cerita yg bersifat deskripsi umum atau yg lebih universal dan bukan yg bersifat khusus yg biasanya hanya melalui ilham jagat alit pribadi.
...
Namun dalam kesejatiannya sebenarnya memiliki esensi yg sama yaitu harmoni antara jagat alit dan jagat agung.
...
Wacana ilmiah saya hubungan antara gunung budheg...candi tritis... goa tritis dan kahyangan watu semar.
...
Dalam khasanah yg terjadi kerap ajaran leluhur memberikannya dlm bentuk kisah hidup namun sebenarnya didalamnya memiliki tamsil kehidupan, arah dan wejangan kehidupan.
...
Dimana dlm legenda crita rakyat yg terjadi di gunung budheg terjadi kisah si Joko Bodho... yg hendak meminang Ayu ringgit... dan Ayu Ringgit memberikan syarat kpd Joko Bodho utk berpuasa bisu tuli selama 40 hari, Lalu tibalah Sang Ibu Joko bodho bertanya kpdnya dan si ibu tak menerima balasan jawaban dari si Joko Bodho shingga sang Ibu mengeluarkan kata2 agar Si Joko Bodho menjadi Batu dan terjadilah..
...
Ada esensi yg mirip tentang tempat dan kejadian cerita dan saya ingin menjabarkannya dalam khasanah melahirkan kesadarab tertinggi tentang prilaku hidup anak manusia.
....
Gunung memiliki esensi sebagai egoisme diri atau jabalkat diri, dan budheg berarti tuli atau tidak mendengar....

Candi Tri Tis memiliki esensi jagat alit tubuh kita harus menduduki pada manitisnya Trihitakarana atau Tritunggal.

Goa Tritis memiliki esensi dimana bila kita menduduki lorong gelap dalam diri kita maka akan menemukan sumber air kehidupan atau air prawitosari sumber segala sumber atau petunjuk Sang Maha Guru diri.
...
Dan bila kita hubungkan ketiganya maka akan memiliki esensi pengajaran hidup yg bersifat peleburan kesadaran tertinggi tentang hakikat Ruh Suci yg bersemayam dalam diri.

Dimana gunung budheg haruslah hancur atau kiamat dlm diri beserta candi tritis dan wajib mengkaji hakikat diri sbg manusia yg gelap atau mengalami kebodohan dgn memposisikan diri pada tri tunggal yg manitis (tritis) sehingga menemukan air pantai popoh... atau pupuhan kasepuhan yaitu ruh suci dlm diri yg memberikan petunjuk hidup dlm kedamaian.
...
marilah kita hubungkan dgn kisahnya kebodohan sijoko bodho mempertahankan puasa bisu tulinya hanya utk tujuan nafsunya pada Ayuringgit dan melupakan dharma bhakti realitasnya kpd seorang ibu utk menjawab pertanyaan beliau.
....
Kahyangan Watu Semar merupakan bentuk simbolis dan sanepan di dalam batu keangkuhan dan kebodohan terdapat cahaya budha.

Budhi Daya Luhur yg tercermin oleh jiwa luhur Sang Hyang Ismoyo yo bathara Narada yg memiliki spektrum peleburan Siwa Budha atau Jibril Isrofil atau Timur dan Barat atau Depan dan Belakang diri pribadi (Kalepasan) atau berserah diri pada Sang Ruh dlm inti diri.
....
Setelah proses ini muncullah fungsi penciptaan dan pemeliharaan wujud yg disimbolkan dgn peleburan brahma wisnu atau izroil dan mikail atau tangankaki kanan dan kiri utk menciptakan bentuk2 kemanfaatan wujud atau memayu hayuning bawana.
 ...
pada kupasan inilah srcara universal atau kajian umum merupakan harmoni dari jagat agung agar mendapat pertolongan #TULUNG besar atau luas tak terhingga #AGUNG jadilah kronologis ini di TULUNGAGUNG
..
Dan pada pusatnya akan melahirkan kesadaran tertinggi anak cucu nusantara yg melahirkan prilaku Tritunggal didlm dirinya dlm aktivitas kehidupan sehari hari sbg jalan menuju moksa
....
LELUHUR NUSANTARA SUNGGUH INDAH MENGAJARI ANAK CUCU AGAR TIDAK TERSESAT JALAN.
...
INGSUN NYUWUN AGUNGIPUN SAMUDRO PANGAKSAMI BILIH WONTEN KALEPATANIPUN.
 ...
RAHAYU MEMAYU HAYUNING BAWONO LANGGENG
....
OM SHANTI3X OM

Tidak ada komentar: